fbpx
Beranda » Vietnam » 10 Destinasi Wisata di Vietnam yang Wajib Didatangi

Negara yang letaknya berdekatan dengan Indonesia yang sering menjadi tujuan wisata selain Malaysia, Singapura dan Thailand, adalah Vietnam. Bukan tanpa alasan, karena memang Vietnam menyuguhkan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata di Vietnam begitu lengkap, mulai dari wisata alam, air, bagunan-bangunan bersejarah hingga hamparan pasir seperti padang pasir di negara-negara Timur Tengah.

Bila kalian memiliki rencana untuk berlibur ke Vietnam, pastikan untuk mengunjungi 10 destinasi wisata di Vietnam yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Ha Long Bay

Destinasi wisata pertama yang wajib kalian kunjungi adalah Ha Long Bay. Destinasi yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan turis mancanegara. Kalian bisa menjumpai pesona air laut berwarna hijau tosca dengan dikelilingi 1600 pulau-pulau berbatu kapur yang tinggi dan begitu indah. Ribuan batu kapur yang tinggi ini terjadi akibat adanya fenomena alam yang alami.

Oleh karenanya, lokasi ini dinyatakan sebagai salah satu situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994 silam. Ha Long Bay terletak di Vietnam Utara dan berdekatan dengan perbatasan Vietnam-China. Kabarnya, lokasi ini dijadikan tepat syuting video klip ‘Kamu yang Kutunggu’ milik Afgan dan Rossa. Tak hanya itu saja, film legendaries James Bond dan Kong: Skull Island juga menjadikan Ha Long Bay sebagai salah satu lokasi pengambilan gambarnya. So, tunggu apa lagi?

2. Sa Pa Terraces

Destinasi yang satu ini merupakan wisata alam yang dikenal dengan sawahnya yang hijau dan system terasering yang begitu menarik untuk dikunjungi. Terletak di lembah Moung Hoa, antara kota Sa Pa dan Gunung Fansipan, kalian juga akan menemukan latar belakang hutan bambu yang hijau dan rimbun.

Destinasi ini menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus mengetahui budaya etnis Hmong yang bermukim di daerah ini. Penduduk sangat ramah dan dengan senang hati berbagi informasi tentang budaya mereka kepada pengunjung.

3. Nha Trang

Jika kalian ingin menikmati wisata paket lengkap dalam satu lokasi, Nha Trang bisa dijadikan salah satu tujuannya. Nha Trang adalah kota dengan konsep resort yang berlokasi di tepi pantai. Letaknya ada di sepanjang teluk dengan pemandangan yang indah. Tak heran jika Nha Trang menjadi salah satu lokasi wisata di Vietnam yang digermari dan diidolakan oleh para wisatawan.

Kalian bisa menikmati berbagai wahana olahraga air, misalnya snorkeling, scuba diving, berlayar, catamaran rides dan kite boarding. Tak hanya itu saja, wahana permainan darat juga ada di resort poluer ini, seperti roller coaster dan kolam dengan ombak buatannya. Di sini pula kalian akan banyak menemui restoran berkelas dan mewah hingga cafe yang ada di trotoar dengan berbagai kuliner khas Vietnam yang menggugah selera.

4. The Sand Dunes

Lokasi wisata lainnya yang terkenal di Vietnam adalah The Sand Dunes. Destinasi yang satu ini berupa bukit pasir yang berwarna keemasan jika dilihat dari kejauhan. Lokasi ini menarik untuk dikunjungi karena mirip dengan sahara. Destinasi yang satu ini banyak diburu oleh wisatawan untuk mendapat lokasi berfoto yang bagus dan eksotik.

Di The Sand Dunes, kalian dapat mengunjungi dua lokasi, yaitu The White Dunes atau Bau Trand atau dikenal juga dengan White Lake dan The Red Dunes. Untuk bersua foto, kalian bisa menemukan spot yang bagus di The Red Dunes, sedangkan untuk berteduh dan menikmati makanan atau minuman di area The White Dunes.

5. Kota Tua Hoi An

Hoi An adalah sebuah Situs Warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sejak 1999. Tak hanya sekedar kota tua biasa, kota Hai An masih begitu terjaga kelestariannya. Kota ini merupakan lokasi perdagangan yang menghubungkan antara Asia dan Eropa selama kurang lebih 17 abad. Saat ini, kota ini tak lagi digunakan sebagai perdagangan karena sudah dipindahkan ke lokasi lain.

Kalian bisa menemukan jalanan kecil yang hanya bisa dilalui oleh sepeda dan pejalan kaki dan berbagai bangunan kuno yang klasik. Bangunan-banguan tersebut antara lain bagunan yang dibangun dengan gaya khas Jepang, kanal-kanal Perancis dan gaya khas China masih kokoh berdiri. Kota Tua Hoi An akan lebih menampakkan pesonanya pada malam hari.

6. Pulau Phu Quoc

Urutan keenam dari 10 destinasi wisata di Vietnam yang wajib dikunjungi adalah Pulau Phu Qouc. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Vietnam yang mendapat gelas Phuket-nya Vietnam. Pulau ini menyuguhkan keindahan pantai yang bersih dan besar, terumbu karang yang masih alami, serta hutan tropis yang lebat.

Pantai yang paling direkomendasikan di Pulau Phu Quoc adalah Bai Dau atau dikenal juga dengan nama Long Beach. Di pantai tersebut, kalian bisa menemukan kuliner khas yang kelexatannya sudah tersohor di seluruh dunia, yaitu saus ikan fermentasi (nouc mam).

7. Da Nang

Berwisata tak lengkap jika belum menikmati kuliner khasnya. Di Da Nang yang merupakan kota terbesar keempat di Vietnam ini, kalian bisa berwisata sambil kulineran. Kuliner paling banyak diburu di kota ini adalah pisang manzano dan sua chua nep cam. Menikmati kuliner yang menggoyang lidah dengan disuguhi pemandangan kota Da Nang yang penuh gedung tinggi, pantai landai berpasir putih serta jembatan ikonik berbentuk naga sungguh menjadi daya tarik kuat bagi wisatawan.

8. Ho Chi Minh

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh kalian yang berlibur adalah berburu oleh-oleh. Di Ho Chi Minh, kalian bisa berbelanja oleh-oleh lengkap di Ben Thanh Market. Tak hanya berburu oleh-oleh, kalian juga bisa sekalian jalan-jalan di kota yang dijuluki sebagai Paris ala Vietnam ini. Di sini banyak bangunan bergaya eropa yang bagus dijadikan lokasi berfoto. Sejarahnya, kota ini dulunya adalah pusat pemerintahan colonial Prancis saat menjajah Vietnam.

Di sini ada dua bangunan menarik yang menjadi pusat perhatian, yaitu Saigon Post Office dan Saigon Notre Dame Cathedral yang dibangun pada tahun 1800-an. Keduanya masih bagus, terawat dan berdiri kokoh. Bahkan, kantor posnya masih dioperasikan hingga saat ini.

9. Hue

Hue adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang berada di sebelah utara Ho Chi Minh. Pada jaman dulu, Hue dibangun khusus sebagai ibukota Vietnam  oleh raja pertama Dinasti Nguyen, Gia Long pada tahun 1802 (abad ke-17 s/d 19). Di sini, kalian bisa menemukan ratusan monument seperti yang ditemui Forbidden City di China. Hue memiliki banyak situs yang bersejarah, misalnya Forbidden Purple City, makam kerajaan, Kota Imperial, pagoda, kuil, menara bendera, musem dan perpustakaan. Di sini pula pengunjung bisa mencicipi masakan khas jaman kerajaan yang nikmat.

10. Hanoi

Hanio merupakan ibukota Vietnam yang memiliki ratusan pagoda dan 600 kuil. Warisan sejarah dan budaya di Hanoi masih terjaga dengan baik dan bahkan mengakar kuat meski banyak ditemui gedung-gedung modern. Di kota ini, kalian akan menemukan banyak lokasi yang dijadikan destinasi wisata, mulai dari Temple of Literature yang juga universitas paling tua di Vietnam, Museum of Ethnography, Hanoi Opera House, Thang Long Water Puppet Theatre dan Danau Hoan Kim yang terkenal.

Itulah 10 destinasi wisata di Vietnam yang wajib dikunjungi jika kalian menjadikan Vietnam sebagai negara tujuan kalian. Khusus untuk mengunjungi Hue, pastikan kalian tidak datang pada bulan Oktober hingga Desember karena curah hujan cukup tinggi dan mengurangi keindahan pesonanya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.